Tuesday 24 January 2017

Yuk Mari Kita Mengenal Turnamen Sepakbola Arab Club Championship


Negara-negara jazira Arab memang sangat gila dengan sepakbola ini terbukti dengan adanya Arab Club Championship atau bisa dibilang ini adalah kompetisi liga championsnya para sesama negara Arab mungkin untuk mempererat  tali persaudaraan sesama negara serumpun tak hanya olahraga sepakbola saja di olahraga basket dan bola voli pun ada kompetisi yang seperti ini. tadinya di Asia tenggara pernah ada wacana kompetisi seperti ini akan tetapi negara-negara lain di Asean tidak menyetujuinya dengan alasan financial, mungkin tidak jadi karena faktor ini. sebenarnya turnamen ini sudah ada sejak tahun 1982 dan hanya di ikuti oleh 3 tim, pemenang dari edisi perdana adalah AL Shorta SC dari Iraq sebelumnya turnamen ini sudah lima kali berubah nama dan pada akhirnya pada musim 2016/2017 turnamen ini berubah nama menjadi Arab Club Championship  setelah dua tahun turnamen ini berhenti akibat politik yang memanas sesama negara anggota UAFA. format turmanen Arab Club Championship hampir sama dengan liga champions Asia terbagi dua zona yaitu juara dan runner up pada liga masing-masing negara berhak ikut turnamen ini. zona Asia dan zona Africa dan sesama tim dari Africa maupun Asia akan berhadapan dibabak penyisihan dengan sistem agregat dan tim yang menang masing-masing akan bertemu di perempat final dengan sistem knockout dan ada juga sistem agregat hingga ke final.  karena sebelumnya masing-masing tim akan di drawing dan tim dari zona Africa maupun dari Asia akan bertemu di fase ini.


Sepertinya pada musim 2016/2017 formatnya akan sama dan yang uniknya adalah turnamen ini berlangsung dari bulan September 2016 hingga Agustus 2017, sangat panjang dan Arab Club Championship ini tidak masuk dalam kalender AFC maupun FIFA karena turnamen ini tidak terafiliasi oleh AFC maupun FIFA. banyak sejumlah masalah yang melanda turnamen ini diantaranya adalah klub yang kesulitan untuk mengatur jadwalnya dan ada klub yang tidak bisa berpartisipasi akibat masalah keamanan ataupun karena dinegaranya ada perang. dan yang membuat salut adalah keinginan mereka untuk berprestasi didunia olahraga terutama di cabang sepakbola biarpun negaranya sedang dilanda oleh masalah perang mereka tetap semangat hal ini patut dicontoh oleh Indonesia karena belakangan ini sepakbola Indonesia banyak masalah internal yang melanda. 

0 komentar:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html