Thursday 5 November 2015

Lebih Mengenal Dengan Dekat Apakah 4G LTE Itu?



LTE adalah kepanjangan dari 3GPP Long Term Evolution merupakan sebuah akses data nirkable tingkat tinggi yang berbasis pada jaringan GSM dan UMTS. teknologi ini pun mempunyai kecepatan 20 kali lipat cepatnya dari 3G. 4G LTE mampu mendownload dengan kecepatan maksimum sebesar  299.6 mbps dan upload 75.4 mbps. layanan LTE pertama kali diadopsi oleh Telliasonera, sebuah operator seluler yang berada di Stockholm dan Oslo pada tahun 2009. kemudian LTE ini, dipasarkan dengan nama 4G LTE. LTE adalah sebuah teknologi yang akan menggantikan jaringan UMTS/HSDPA. didaulat sebagai penerus 3G, LTE pun diklaim memiliki jaringan nirkable yang pertumbuhannya paling cepat. 


LTE mulai dikembangkan pada tahun 2004 oleh 3GGP. faktor yang menyebabkan kenapa LTE dikembangkan, karena banyaknya permintaan dari para pengguna, yang menginginkan kecepatan akses data cepat dan juga daya saing 3G untuk masa depan. LTE menggunakan Orthogonal Frequency Division Mutiplexing (OFDM) yang mentransmisikan data melalui banyak operator spektrum radio yang masing-masing sebesar 180 KHz. OFDM melakukan transmisi dengan cara membagi aliran data menjadi banyak aliran-aliran yang lebih lambat yang kemudian ditransmisikan secara serentak. Dengan menggunakan OFDM memperekecil kemungkinan terjadinya efek multi path. perangkat mobile yang berbasis LTE harus juga mampu menyokong GSM, GPRS, EDGE dan UMTS. Jika dilihat dari sisi jaringan, antar muka dan protocol di tempatkan di tempat yang memungkinkan terjadinya perpindahan data selancar mungkin jika pengguna berpindah tempat ke daerah yang memiliki teknologi antar muka yang berbeda. 

Kekurangan dari teknologi ini adalah biaya infrastruktur jaringannya tergolong mahal dan peralatan baru harus diinstall jika jaringan diperbaharui. karena teknologi ini menggunakan MIMO (Multiple Input Multiple Output) maka memerlukan antenna tambahan sebagai pemancar transmisi data. akibatnya pengguna harus membeli mobile device yang baru, karena memakai infrastruktur jaringan baru. di indonesia sendiri operator yang menggunakan 4G LTE pertama kali adalah bolt yang diluncurkan oleh PT internux pada tahun 2013. dan sekarang pun semua operator sudah memakai jaringan 4G LTE tetapi, belum semua wilayah di indonesia yang tercover 4G LTE. 

0 komentar:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html